Tugas SOFTKILL Ke-1 Mata Kuliah
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
NAMA KELOMPOK :
Bobby Chandra Ardian (51410427)
Caesar Trihardi S (51410495)
Fauzi Akhmad Diawan (52410661)
Ibnu Antiko (53410357)
Reza Eko Prasetyo (55410796)
Fauzi Akhmad Diawan (52410661)
Ibnu Antiko (53410357)
Reza Eko Prasetyo (55410796)
Rianto Aji Waskito (55410879)
Wahyu Mohan (58410428)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
2013
Profil Perusahaan Yang Bergerak
Dibidang IT
Apa itu Blibli ?
Diluncurkan
pada 2011, Blibli tercatat sebagai situs e-commerce termuda di Indonesia. Toko
maya itu menjual segala jenis barang dari BlackBerry hingga layanan TV
berlangganan atau tiket konser dan sepeda motor. Hiruk pikuk transaksi
didalamnya cukup membuatnya dijuluki Amazon.com versi Indonesia. Blibli lebih
menitikberatkan kepada hal-ihwal teknologi. Tak seperti banyak situs di
Nusantara yang tak dipersenjatai sistem pembayaran yang aman, Blibli menerima
Visa atau Mastercard dan dirancang mendapatkan persetujuan serta jaminan
keamanan dari VeriSign, perusaan autentifikasi layanan yang berbasis di AS.
Perusahaan start-up itu dimiliki oleh PT Global Digital Niaga, anak perusahaan
Grup Djarum dan Bank Central Asia (BCA), yang memungkinkannya tak kehabisan
dana. Alhasil, merek-merek ternama seperti Cartier, Harley Davidson dan
Phillips, kepincut. Demi memadukan media sosial dengan pengalaman belanja
online, situs itu menampilkan kolom “Our Experts” dengan para penulis yang
dilabeli “Miss Stylish” dan “Mr. Gadget.” Keduanya berfungsi sebagai kurator
yang memilih barang-barang sesuai dengan reaksi pasar menyangkut tren terbaru,
review telepon seluler, dan komputer. Situs itu dikunjungi sekitar 30 ribu
orang per hari dan memiliki keterikatan kuat dengan perbankan serta perusahaan
telekomunikasi. Keistimewaan situs ini juga pada kecepatan pengiriman barang.
Contoh:pengiriman barang perdana iPhone 4S tiba satu jam setelah pemesanan.
Nama Perusahaan : PT Global Digital Niaga
Berdiri sejak : 2010
Alamat Operasional : Jl. Aipda K.S. Tubun
2C/8, Jakarta 11410, Indonesia.
Melalui berbagai kampanye dan
promo agresif, terutama dalam memperkenalkan berbagai produk gadget terbaru
juga layanan khusus yang inovatif, Blibli.com dikenal sebagai salah satu
e-commerce site yang selalu pertama menghadirkan gadget terbaru di Indonesia.
Dominasi pasar gadget ini mengundang banyak tawaran kerja sama marketing, mulai
dari promosi, launching, hingga value added service dari produser gadget
terkemuka seperti Samsung, Acer, Dell, hingga penyedia jasa telekomunikasi
seperti Telkomsel, Excelcom, Indosat, dan Esia.
Salah satu bentuk kerja sama yang
banyak menuai pemberitaan adalah peluncuran Telkomsel iPhone 4s di Indonesia.
Perluncuran iPhone 4s pertama secara resmi dilakukan di Indonesia oleh
Telkomsel pada 27 Januari 2011 pukul 00.00 melalui Blibli.com. Dengan layanan
Express Delivery Service dari Blibli.com semua produk iPhone 4S yang dipesan
oleh pelanggan Blibli.com dikirimkan dalam kurun waktu 2 jam pada malam yang
sama sehingga pemilik pertama iPhone 4S di Indonesia adalah pelanggan
Blibli.com.
Pilihan Metode Pembayaran
Melalui kerja sama dengan
bank-bank terpercaya di Indonesia, Blibli.com menghadirkan pilihan metode
pembayaran yang luas kepada pelanggannya.
a. Kartu Kredit
Blibli.com menerima pembayaran
menggunakan kartu kredit jenis Visa dan MasterCard yang diterbitkan oleh semua
bank di Indonesia.
b. Internet Banking
Blibli.com juga melayani
transaksi melalui internet banking KlikBCA, KlikPay BCA, Mandiri ClickPay, dan
CimbClicks.
c. Transfer
Blibli.com memberikan pilihan
transfer ke Virtual Account Mandiri dan BCA yang dapat dilakukan dari semua
rekening bank yang ada Indonesia, baik dari ATM maupun dari kantor cabang, atau
fasilitas M-Banking.
Pilihan Metode Pengiriman
Pengiriman produk dari
Blibli.com dilakukan melalui shipping partner handal. Pelanggan Blibli.com
dapat memilih pengiriman melalui NCS, JNE, dan RPX.
Free Shipping
Blibli.com memberikan gratis
ongkos pengiriman kepada pelanggan di seluruh Indonesia tanpa minimal
transaksi.
Cicilan 0%
Fasilitas cicilan 0% 12 Bulan
dapat digunakan secara otomatis untuk transaksi menggunakan kartu kredit Visa
dan MasterCard dari BCA. Pembayaran menggunakan KlikPay BCA melalui account BCA
Card, dapat menikmati fasilitas cicilan 0% 6 dan 12 Bulan.
Customer Care Center
Customer Care Center Blibli.com
dapat dihubungi melalui telepon, email, maupun live chat pada hari Senin hingga
Sabtu, pukul 08.00 hingga 17.00. Dedicated Customer Care Center ini melayani
pelanggan baik untuk menjawab berbagai pertanyaan pada tahap browsing,
transaksi, pengiriman, maupun membantu proses return, exchange, maupun service
sesuai dengan policy dari masing-masing merchant partner.
Penghargaan
Pada tanggal 29 Februari 2012,
Blibli.com meraih penghargaan Best e-Commerce versi dari majalah Gadget+.
Perkembangan
Dalam rangka merayakan ulang
tahunnya yang pertama, Blibli.com mengundang media, blogger, merchant channel,
dan pelanggan setianya dalam acara bertajuk “Blibli.com 1st Anniversary: A year
of fun & relaxing shopping experience”. Dalam acara yang digelar di The
Oyster, Plaza Senayan, Jakarta, pada hari Rabu (1/8) tersebut Blibli.com
memaparkan sejumlah perkembangan yang telah mereka lalui selama satu tahun
merambah industri e-commerce di tanah air.
Lahir pada tanggal 25 Juli 2011
dengan investasi awal sebesar USD10 juta, jumlah pengunjung dan posisi
Blibli.com di industri e-commerce menanjak dengan cepat. Berdasarkan ranking
Alexa, pada awal peluncuran Blibli.com menempati posisi 7250, menanjak ke
posisi 821 pada saat grand launching, dan kini menempati posisi 187 dengan
rata-rata 30.000 pengunjung per hari.
Jumlah pengunjung yang
meningkat secara pesat didorong oleh sejumlah perubahan yang dilakukan
Blibli.com untuk mengakomodasi dan memudahkan proses belanja online. Dari
perubahan tampilan halaman depan hingga proses check-out yang disederhanakan,
dari lima langkah menjadi tiga langkah.
Kehadiran fitur Expert juga
membantu pengunjung untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk yang diminati,
serta memberikan tips, artikel, dan informasi seputar belanja online. Fitur
tersebut kini dikembangkan menjadi program BlibliFriends yang membuka
kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi reviewer produk, sesuai dengan
kategori yang diminati.
Saat ini Blibli.com telah
menyuguhkan kategori Electronics, Handphones, Women, Men, Kids & Baby,
Interest & Entertainment, Culinary, serta Automotive. Blibli.com telah
bekerja sama dengan sejumlah merchant untuk menyuguhkan gaya promosi yang
menarik.
Dalam kategori Kids & Baby,
Blibli.com kerja sama dengan layanan dokter anak untuk memberikan konsultasi
pembelian produk yang sesuai dengan kebutuhan anak. Blibli.com juga bekerja
sama dengan Polygon dalam mempromosikan hidup sehat melalui kegiatan bersepeda.
Penjualan tiket event pun mulai
dilakukan Blibli.com, seperti untuk konser Christina Perry dan Jason Mraz
beberapa waktu lalu. Kini, Blibli.com menawarkan tiket konser Maroon 5 dan akan
segera menawarkan tiket event di luar konser, seperti Chess Goes To Campus.
Dari seluruh kategori yang
disuguhkan, produk-produk dari kategori Electronics, khususnya gadgets
mendominasi penjualan dalam Blibli.com. “Penjualan secara online memang sudah
biasa dilakukan untuk tiket, hotel, airlines, dan gadgets. Maka dari itu,
kategori Electronics menjadi yang paling laku di Blibli.com,” ujar Ivan
Hudyana, Head of Marketing Blibli.com.
Contoh Dokumen Legal Aspek
Pendirian Perusahaan
Dalam mendirikan sebuah perusahaan atau
perseroan terbatas ada beberapa tahap dan persyaratan yang harus dipenuhi bagi
calon pendiri perusahaan : pertama lakukan persiapan
persiapan
terdiri dari :
·
Konsultasi , yang berguna untuk : mengetahui
ruang lingkup pendirian perusahaan, mengetahui biaya administrasi dan cara
pembayarannya, dan mengetahui prosedur dan persyaratan pendirian perusahaan
·
Pengisian Formulir
·
Pengisian Surat Kuasa
Tahap yang kedua adalah pengajuan nama perusahaan. Pengajuan nama
perusahaan ini didaftarkan oleh notaris melalui SISMINBAKUM. Dengan persyaratan
:
·
Melampirkan asli formulir dan pendirian surat
kuasa
·
Melampirkan copy KTP para pendirinya dan para
pengurus perusahaan
·
Melampirkan copy KK pimpinan perusahaan
Proses pendaftaran dilakukan oleh notaris
sebelumya bertujuan untuk mendapatkan persetujuan dari instansi terkait
(menteri Hukum dan HAM RI) sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroan
terbatas (PT) dan peraturan pemerintah no.26 tahun 1998 tentang pemakaian
perseroan terbatas.
Langkah Ketiga adalah pembuatan akta
Pembuatan akta pendirian dilakukan oleh notaris yang berwenang
diseluruh wilayah negara Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan pesetujuan
dari menteri hukum dan HAM RI.
Langkah yang keempat adalah membuat surat keterangan domisili di
kantor kelurahan
Permohonan surat keterangan domisili diajukan kepada kantor kelurahan setempat sesuai dengan alamat kantor perusahaan tersebut berada sebagai bukti keterangan / keberadaan alamat perusahaan. Lama proses adalah 2 hari kerja. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah : copy bukti PBB tahun terakhir atau bukti PPN atas sewa atau kontrak tempat usaha bagi yang berdomisili di gedung perkantoran.
Permohonan surat keterangan domisili diajukan kepada kantor kelurahan setempat sesuai dengan alamat kantor perusahaan tersebut berada sebagai bukti keterangan / keberadaan alamat perusahaan. Lama proses adalah 2 hari kerja. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah : copy bukti PBB tahun terakhir atau bukti PPN atas sewa atau kontrak tempat usaha bagi yang berdomisili di gedung perkantoran.
Tahap
selanjutnya permohonan NPWP
Permohonan
pendaftaran nomor pokok wajib pajak diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan
Pajak sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan. Lama proses 2 hari kerja.
Persyaratan
lain yang dibutuhkan :
- Untuk wajib pajak perseorangan: foto copy KTP bagi WNI atau foto copy paspor bagi WNA, surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang bagi orang asing minimal lurah atau kepala desa, surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan dari instansi yang berwenang.
- Untuk wajib pajak badan usaha : foto copy akta pendirian dan perubahan terakhir, foto copy KTP bagi WNI atau foto copy paspor bagi WNA ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang bagi orang asing minimal lurah atau kepala desa, surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang minimal lurah atau kepala desa.
Tahap
berikutnya pengesahan Anggaran Dasar Perseroan olen Menteri Kehakiman dan HAM
Permohonan ini diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (Akta Pendirian) sebagai badan hukum PT sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroaan terbatas. Lama proses 25 hari kerja setelah permohonan diajukan. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah :
Permohonan ini diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (Akta Pendirian) sebagai badan hukum PT sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroaan terbatas. Lama proses 25 hari kerja setelah permohonan diajukan. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah :
- Bukti setor bank senilai modal disetor dalam akta pendirian
- Bukti PNBP sebagai pembayaran berita acara negara
- Asli akta pendirian
Langkah
selanjutnya membuat SIUP
Permohonan SIUP diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten/Propinsi sesuai dengan keberadaan domisili Perusahaan. Lama proses adalah 10 hari kerja. Penggolongan SIUP terdiri dari SIUP Besar, Menengah dan Kecil dengan ketentuan sebagai berikut :
- SIUP Besar untuk Modal disetor diatas 500 Juta,
- SIUP Menengah untuk Modal disetor diatas 200 juta s.d 500 juta.
- SIUP Kecil untuk Modal disetor s.d 200 juta.
Prosedur
permohonan SIUP :
- Perusahaan mengambil formulir, mengisi dan mengajukan permohona SIUP beserta persyaratan melalui kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau wilayah sesuai domisili perusahaan untuk permohonan SIUP menengah dan SIUP kecil
- Sedangkan permohonan SIUP besar diajukan melalui Kanwil Perindutrian dan Perdagangan kota atau propinsi sesuai domisili perusahaan
Mengajukan
tanda daftar perusahaan
Permohonan pendaftaran dajukan kepada kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau kabupaten terkait sesuai dengan domisili perusahaan. Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat TANDA DAFTAR PERUSAHAAN sebagai bukti bahwa perusahaan / badan usaha telah melakukan wajib daftar prusahaan sesuai dengan peratran Menteri Perdagangan RI no.37 / m-DnG / DER / 9 / 2007 tentang penyelenggaraan pendaftaran perusahaan.
Persyaratan
yang dibutuhkan :
- foto copy izin persetujuan investasi dari BKPM untuk PMA / PMDN (asli diperlihatkan)
- foto copy akta pendirian dan perubahannya (asli ditunjukan)
- Asli SK Menteri Hukum dan HAM RI dan laporan perubahan akta
- foto copy surat keterangan domisili perusahaan, SIUP / SIUJPT / SIUPA / ijin operasional lainnya (asli ditunjukan)
- foto copy KTP pengurus (direksi dan komisaris) atau paspor jika pengurus adalah WNA.
Tahap terakhir adalah
pengumuman dalam Berita Acara Negara Republik Indonesia.
Setelah perusahaan melakukan wajib daftar perusahaan dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM RI, maka harus di umumkan dalam berita negara dari perusahaan yang telah diumumkan dalam berita negara, maka perusahaan telah sempurna statusnya sebagai badan hukum.
Setelah perusahaan melakukan wajib daftar perusahaan dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM RI, maka harus di umumkan dalam berita negara dari perusahaan yang telah diumumkan dalam berita negara, maka perusahaan telah sempurna statusnya sebagai badan hukum.
Gambar Ilustrasi Lainnya
SPT merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan.
Bagi Anda yang sering berkecimpung di dunia pajak, istilah ini sudah tak asing
lagi. Seiring dengan sistem perpajakan kita yang menganut sistem self
assesment, di mana Wajib Pajak sendiri yang harus menghitung pajaknya, maka
sarana untuk melakukan perhitungan tersebut dinamakan SPT. Ia juga sebagai
sarana untuk melaporkan perhitungan pajak serta pembayaran pajak yang telah
dilakukannya.
SPT itu bermacam-macam jenisnya sesuai dengan
jenid pajak yang dilaporkannya. Untuk melaporkan PPh Tahunan ada yang disebutt
SPT Tahunan yang terdiri dari SPT Tahunan PPh Badan (kode formulirnya 1771),
SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (1770 dan 1770S), dan SPT Tahunan PPh Pasal 21
(1721). Selain SPT Tahunan, ada juga yang disebut SPT Masa. SPT ini digunakan
untuk melaporkan kewajiban pajak tiap bulan atau masa. Ada yang disebut SPT
Masa PPh Pasal 21/26, SPT Masa PPh Pasal 23/26, SPT Masa PPh Pasal 22, SPT Masa
PPh Pasal 4 ayat (2), SPT Masa PPh Pasal 25 dan ada juga SPT Masa
PPh Pasal 15 serta SPT Masa PPN.
Mekanisme
Mendapatkan Proyek TI Melalui Tender
A. Melakukan Riset Pemasaran Kualitatif
Riset pasar kualitatif adalah
alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan
pelanggan dan persepsi masyarakat terhadap suatu produk dengan tujuan memenuhi
kebutuhan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan lini produk,
distribusi, strategi penjualan dan semua hal lain yang akan meningkatkan
penjualan dan menghasilkan keuntungan lebih.
Untuk mendapatkan pekerjaan melakukan penelitian kualitatif untuk penjualan,
pengusaha mencari keterampilan khusus dan kompetensi. Penguasaan komputer
adalah suatu keharusan karena metodologi baru dalam melakukan studi pasar statistik
membuat ekstensif menggunakan perangkat lunak komputer. Keterampilan berpikir
analitis yang diperlukan untuk memahami dan meneliti jumlah besar data.
Keterampilan komunikasi melibatkan bercakap-cakap dengan orang-orang untuk
mengumpulkan informasi, menafsirkan mereka dan membawa mereka ke klien.
Kemampuan berharga lainnya adalah berpikir kritis kompetensi dan orientasi
detail karena pekerjaan memerlukan analisis yang tepat data dan penilaian
informasi yang dikumpulkan untuk menentukan rencana aksi.Tugas Peneliti Pemasaran Kualitatif
Riset pasar tradisional kualitatif menggunakan dua metodologi untuk pengumpulan data: diskusi kelompok terfokus dan wawancara mendalam. Yang pertama memanfaatkan sekelompok kecil delapan sampai sepuluh responden dalam sebuah diskusi di mana perilaku mereka, persepsi dan sikap terhadap topik tertentu dikumpulkan dan dieksplorasi. Yang terakhir adalah wawancara satu-satu melalui telepon atau secara pribadi untuk masalah yang lebih kompleks.
Metodologi modern dilakukan dengan penggunaan komputer. Ini termasuk kelompok webcam, papan buletin online, video diary, penelitian mobile, survei email dan teknik lainnya yang terus-menerus diuji. Oleh karena itu, pekerjaan ini panggilan untuk bekerja, biasanya sendirian, pada komputer – Data mengumpulkan dan menilai mereka dan membuat laporan.
Khas Tugas Peneliti Pemasaran Kualitatif
Para analis pasar kualitatif biasanya bekerja pada kelompok-kelompok kecil untuk mengumpulkan sejumlah besar informasi. Mereka berkomunikasi dengan responden melalui internet, melalui telepon atau secara langsung untuk mendapatkan wawasan ke dalam perilaku dan pendapat mereka, topik penelitian, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan menyiapkan laporan, grafik dan tabel dan sekarang mereka kepada manajemen. Tugas mereka termasuk pemantauan dan peramalan tren penjualan, mengukur efektivitas strategi pemasaran, merumuskan rencana dan proposal.
Sebagian besar tugas yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistik khusus, sehingga seorang spesialis pasar harus memiliki pengetahuan komputer dan belajar bagaimana menggunakan program tertentu.
B. Tender Barang dan Jasa
Tender
adalah istilah yang telah dikenal Iuas oleh umum, khususnya oleh para pengusaha
di bidang perdagangan umum, jasa konstruksi, jasa konsultasi, dan lain-lain
usaha dan jasa.
Tender dilaksanakan melalui suatu sistim Pelelangan Umum atau Pelelangan Terbatas bagi para pengusaha yang telah memenuhi syarat-syarat dan standar kualifikasi yang ditentukan sebagai peserta Tender/Pelelangan.
Berikut ini diuraikan secara singkat contoh pelaksanaan suatu Tender untuk Barang dan Jasa.
Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu Tender Barang & Jasa adalah :
1. Pihak yang membutuhkan Barang dan Jasa;
2. Pihak peserta Tender yang menawarkan Barang dan Jasa.
Penawaran Jasa
Tender dilaksanakan melalui suatu sistim Pelelangan Umum atau Pelelangan Terbatas bagi para pengusaha yang telah memenuhi syarat-syarat dan standar kualifikasi yang ditentukan sebagai peserta Tender/Pelelangan.
Berikut ini diuraikan secara singkat contoh pelaksanaan suatu Tender untuk Barang dan Jasa.
Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu Tender Barang & Jasa adalah :
1. Pihak yang membutuhkan Barang dan Jasa;
2. Pihak peserta Tender yang menawarkan Barang dan Jasa.
Penawaran Jasa
Tender dalam dunia IT sangat penting untuk menekan
minimalis harga tapi memiliki spesifikasi hardware yang baik juga memiliki
tenaga ahli. Dengan penentuan harga juga keahlian maka semakin besar kemenangan
untuk mendapatkan tender.
Berikut ini sedikit contoh penawaran paket jasa pemasangan jaringan computer
beserta daftar harganya.
1. Instalasi Lab computer atau Warnet
Berikut ini sedikit contoh penawaran paket jasa pemasangan jaringan computer
beserta daftar harganya.
1. Instalasi Lab computer atau Warnet
Keterangan
|
Satuan
|
Harga
|
Kabel UTP + instalasi
|
Per instalasi
|
± Rp 700.000 ,00
|
Hub / Switch 8 port
|
Perbuah
|
± Rp 300.000 ,00
|
RJ-45
|
Perbuah
|
± Rp 500 ,00
|
Setup
|
Per PC
|
± Rp 15.000 ,00
|
Jumlah port dalam hub disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk jumlah port lebih
banyak, maka harga lebih mahal. PC yang digunakan, langsung dari pelanggan.
2. Instalasi Wi-fi / Hotspot
Pada instalasi area Wifi / hotspot kami menyediakan beberapa paket didalamnya, yaitu:
a. Paket Ekonomi
1. Dalam Ruangan
2.Luar Ruangan
Jika pihak pelangan setuju dengan penawaran paket jasa
pemasangan jaringan komputer ini maka pelanggan dan pemenang tender bisa saling
membuat perjanjian dalam melakukan kerjasama dengan isi
pasal-pasal yang lazim ada dalam suatu Surat Perjanjian adalah :
a) Identitas pihak-pihak yang membuat dan menandatangani Surat Perjanjian;
b) Maksud dan Tujuan dari perjanjian;
c) Syarat-syarat pelaksanaan dari pekerjaan (pengadaan);
d) Jadwal pelaksanaan sampai waktu perampungan pekerjaan (pengadaan);
e) Nilai atau Harga dari pelaksanaan pekerjaan (pengadaan) sesuai penawaran yang disepakati;
f) Sistim dan tahap pembayaran harga dari barang dan jasa;
g) Jaminan timbal-balik dari pihak-pihak yang membuat perjanjian demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan yang disepakati;
h) Hak dan kewajiban masing-masing pihak yang membuat perjanjian;
i) Cara penyelesaian sesuatu perselisihan sehubungan dengan pelaksanaan perjanjian;
j) Ketentuan-ketentuan dalam hal terjadinya Keadaan Memaksa (Force Majeure);
k) Syarat dan ketentuan pemutusan perjanjian;
I) Tempat kedudukan (domisili) hukum akibat pelaksanaan perjanjian.
pasal-pasal yang lazim ada dalam suatu Surat Perjanjian adalah :
a) Identitas pihak-pihak yang membuat dan menandatangani Surat Perjanjian;
b) Maksud dan Tujuan dari perjanjian;
c) Syarat-syarat pelaksanaan dari pekerjaan (pengadaan);
d) Jadwal pelaksanaan sampai waktu perampungan pekerjaan (pengadaan);
e) Nilai atau Harga dari pelaksanaan pekerjaan (pengadaan) sesuai penawaran yang disepakati;
f) Sistim dan tahap pembayaran harga dari barang dan jasa;
g) Jaminan timbal-balik dari pihak-pihak yang membuat perjanjian demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan yang disepakati;
h) Hak dan kewajiban masing-masing pihak yang membuat perjanjian;
i) Cara penyelesaian sesuatu perselisihan sehubungan dengan pelaksanaan perjanjian;
j) Ketentuan-ketentuan dalam hal terjadinya Keadaan Memaksa (Force Majeure);
k) Syarat dan ketentuan pemutusan perjanjian;
I) Tempat kedudukan (domisili) hukum akibat pelaksanaan perjanjian.
C. Mengamati E-Procurement Situs
Department
E-Procurement adalah pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan
menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan
ketentuan perundang-undangan. Fasilitas E-Procurement antara lain usulan
pengadaan, pengajuan kebutuhan, undangan dan permintaan penawaran,
penawaran/bidding, pengambilan dokumen lelang dan pengiriman dokumen lelang,
serah terima barang dan jasa, berita acara dan manajemen vendor.
Internet
telah muncul sebagai media yg efektif dari segi biaya dan dapat diandalkan
untuk melakukan transaksi bisnis online. semakin banyak perusahaan yang
mengadaptasi media ini dalam melakukan pengadaan barang mereka. Keuntungan
utama e-procurement meliputi pengurangan biaya overhead seperti pembelian agen,
juga peningkatan kendali inventoro, dan keseluruhan peningkatan siklus
manufaktur. Sistem e-procurement membantu perusahaan-perusahaan
mengkonsolidasikan data tentang pengadaan bermacam-macam barang baik secara
langsung maupun tidak langsung.
Komponen-komponen
dalam e-procurement :
Fitur utama
e-procurement meliputi :
- Katalog elektronik untuk item-item standar/inti.
- kemampuan punch-out ke situs-situs web pemasok untuk produk-produk yang dinamis
- memunculkan kembali daftar-daftar permintaan untuk item-item yang dibeli secara teratur
- jaur-jalur persetujuan yang menyatu untuk menjalankan kendali anggaran belanja
- kemampuan untuk memberi laporan informasi manajemen yang detail
Terdapat 6
tipe dari e-procurement, yaitu :
Web-Based ERP
Membuat dan menyetujui daftar permintaan, menempatkan daftar pembelian dan meneri barang dan jasa dengan menggunakan sistem software berbasis teknologi internet.
E-MRO
Hampir sama dengan web-based ERP namun barang dan jasa yang diminta adalah non-produk yang berkaitan dengan jasa pemeliharaan, perbaikan dan operasional.
E-Sourcing
Daftar informasi barang / jasa yang dipublikasikan oleh produsen dan penjual secara elektronik di situs e-procurement yang antara lain berisi nama, tempat, harga, spesifikasi teknis dan kualitas mengenai produk / barang tersebut.
Web-Based ERP
Membuat dan menyetujui daftar permintaan, menempatkan daftar pembelian dan meneri barang dan jasa dengan menggunakan sistem software berbasis teknologi internet.
E-MRO
Hampir sama dengan web-based ERP namun barang dan jasa yang diminta adalah non-produk yang berkaitan dengan jasa pemeliharaan, perbaikan dan operasional.
E-Sourcing
Daftar informasi barang / jasa yang dipublikasikan oleh produsen dan penjual secara elektronik di situs e-procurement yang antara lain berisi nama, tempat, harga, spesifikasi teknis dan kualitas mengenai produk / barang tersebut.
E-Tendering
Pelelangan umum dalam rangka mendapatkan barang/jasa dengan penawaran harganya hanya dilakukan satu kali pada hari, tanggal, dan waktu yang telah ditentukan dalam dokumen pengadaan, untuk mencari harga terendah tanpa mengabaikan kualitas dan sasaran yang telah ditetapkan dengan mempergunakan media elektronik yang berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi dan informasi.
E-Reverse Auctioning
Penggunaan teknologi internet untuk membeli barang dan jasa sejumlah penyedia barang/jasa yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal.
E-Informing
Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi pembelian dari pihan internal dan external dengan menggunakan teknologi internet.
Sumber :
- Rendrayana, Bayu Kusuma.,2011,Evaluasi Sistem E-Procurement Di Indonesia, [e-book]. Diakses dari : <http://etd.ugm.ac.id/index.php?mod=download&sub=DownloadFile&act=view&typ=html&file=1664-H-2011.pdf&ftyp=4&id=51052>
- Telkom Institute of Technology Library.,2013,E-Procurement, [e-book]. Diakses dari : <http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1233:e-procurement&catid=25:industri&itemid=14>
- http://ldse-bussiness.blogspot.com/2013/04/part-8-e-marketing.html
- http://www.balinter.net/profil.html
- http://artzfadhilexc.blogspot.com/2013/10/contoh-perusahaan-it.html
- http://www.metrodata.co.id
- http://www.scribd.com/doc/87522895/Analisa-Rasio-Keuangan-PT-Metrodata-Electronics-Tbk
- http://inet.detik.com/read/2005/06/02/203305/391188/319/metrodata-incar-pengguna-erp
- http://perusahaan.web.id/definisi/surat-izin-usaha-perdagangan-siup.html
- http://zechreich.wordpress.com/2011/01/07/contoh-proposal-tender-it/
- http://tonenet.files.wordpress.com/2010/12/proposal1.pdf
- http://id.wikipedia.org/wiki/Blibli.com
- http://www.jagatreview.com/2012/08/perkembangan-pesat-dalam-1-tahun-blibli-com/
Komentar
Posting Komentar