Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Ecommerce


Tugas SOFTKILL Ke-3 Mata Kuliah 

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Proposal E-Commerce Bayu Watch Collection



NAMA KELOMPOK :
Bobby Chandra Ardian (51410427)
Caesar Trihardi S (51410495)
Fauzi Akhmad Diawan (52410661)
Ibnu Antiko (53410357)
Reza Eko Prasetyo (55410796)
Rianto Aji Waskito (55410879)
Wahyu Mohan (58410428)





 
    UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini dapat mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam hal perdagangan atau bisnis. Teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian utama dalam kegiatan bisnis dunia. Dengan berbasis teknologi informasi nilai bisnis diyakini akan semakin meningkat, oleh karena itu mutlak diperlukan pengembangan bisnis yang berbasis teknologi informasi. Bisnis secara atau berbasis teknologi informasi dapat melengkapi atau bahkan dapat menggantikan metode bisnis secara manual atau offline. Terlebih dalam penjualan produk, metode offline hanya akan efektif jika masih dalam lingkup satu area geografis dalam arti kata pembeli dan penjual bertemu langsung dan mengadakan transaksi di tempat. Sedangkan dalam rangka meningkatkan nilai bisnis, meraih lebih banyak customer,  para pelaku bisnis tentu akan menambah area pemasaran produknya. Dan itu tentu sulit dilakukan jika hanya mengedepankan metode offline saja. Dengan berbasis teknologi informasi informasi kendala – kendala tersebut dapat diatasi. Secara khusus yaitu dengan perdagangan berbasis teknologi informasi / online atau yang lebih populer disebut e-commerce. Melalui e-commerce kendala – kendala perdagangan secara offline dapat teratasi, tidak hanya kendala dalam aspek area geografis, dimana pembeli dari tempat / kota yang jauh dapat terlayani dengan baik karena customer tidak harus jauh jauh datang ke tempat penjual, transaksi cukup dilakukan di depan komputer yang terhubung ke jaringan internet, memilih barang yang akan dibeli, membayar secara online dan barang dikirim ke customer, dalam hal ini tidak hanya customer yang berada luar  area saja yang terbantu tapi juga customer yang masih berada di satu area. Melalui website e-commerce penjual dapat menampilkan produk – produk terbarunya, menampilkan informasi menarik berupa promo, diskon atau info dari produsen produk. Dengan ini customer dapat menghemat waktunya untuk mengetahui apa saja hal terbaru yang ingin diketahui, cukup dengan mengunjungi website yang dapat dilakukan dimana saja customer dapat mengetahui hal yang diinginkannya, tidak harus mendatangi toko penjual. Melalui fitur – fitur yang ada pada website e-commerce interaksi hubungan antara penjual dan customer dapat terus terjaga dan terjalin secara continue. Dengan memperhatikan fitur website, tampilan website yang menarik dan interaktif dengan customer serta terjaminnya  keamanan dan kemudahan dalam pembayaran secara online dan proses ketepatan pengiriman barang yang dapat menjadi masalah dalam hal e-commerce, tujuan perusahaan melalui e-commerce akan tercapai dengan baik. Hal itu dapat meningkatkan mutu layanan untuk customer yang secara tidak langsung juga merupakan upaya dalam meningkatkan mutu nilai dari bisnis.
Bayu Watch Collection yang merujuk pada e-commerce, merupakan website dimana pelanggan dapat terpenuhi segala kebutuhannya terkait shopping yang cepat, tepat dan aman. Website yang kami rancang dapat memenuhi semua aspek untuk mengatasi kendala – kendala tersebut. Dan mulai dari proses perancangan website, pelatihan admnistrator hingga hasil akhir dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. Dan tentunya dapat menjadi aspek atau faktor penting untuk membantu tujuan dari perusahaan serta meningkatkan nilai kualitas dan image  dari perusahaan.








1.2 Batasan Masalah
Untuk melakukan pembelian, menggunakan tombol add to cart setelah itu barang akan ada dalam keranjang, kemudian melakukan pengisian form untuk melakukan pemesanan, sedangkan untuk transaksi pembelian menggunakan konfirmasi melalui sms.

1.3 Tujuan
Mempromosikan suatu produk dan juga bisa memesan produk secara online untuk mengembangkan usaha penjualan jam tangan pada Bayu Watch Collection dengan merancang suatu web e–commerce, kemudian dari rancangan tersebut, dibuat suatu aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman web yaitu, HTML, PHP dan MYSQL sebagai pemrograman databasenya, untuk penjualan jam tangan.


1.4 Metode yang Digunakan
Memiliki web toko online
Modal primer yang mesti (tidak harus) para pelaku pemasar online untuk mendisplay produk-produk yang ingin dijualnya secara online adalah dengan memiliki website toko online. Web ini sangat berguna untuk menampilkan produk-produknya berupa visualisasi dan keterangan produk yang persuasif. Apalagi web kita memiliki fasilitas transaksi produk dari pembelian hingga pembayaran tanpa harus melakukan komunikasi (baik sms atau telepon) diluar web tersebut. Dengan adanya web toko online dapat memudahkan konsumen untuk mengenal produk kita dan membelinya.

Iklan Banner
Kalau di atas tadi penjelasan tentang fasilitas display produk dan jual beli, maka iklan banner merupakan sarana promosi layaknya iklan-iklan kovensional yang diletakkan di tempat-tempat yang banyak pengunjungnya. Iklan banner biasa kita lihat pada situs-situs portal berita. Biasanya di desain dengan cukup menarik. Tambahan animasi pun juga dilakukan untuk memperindah tampilan.
Tujuan iklan banner adalah untuk mengetahui informasi keberadaan produk kita. Fasilitas ini hanya berupa informasi dan biasanya kita harus meng-klik banner tersebut agar masuk ke halaman web yang sedang dipromokan oleh banner tersebut.


Iklan klik (teks)
Iklan klik yang sangat familiar saat ini adalah google adsens. Ketika mendengar google adsens kita akan mengingat sebuah iklan teks yang dapat dipasang di web atau blog kita. Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut di web atau blog kita maka kita akan mendapat uang dari google. Itulah fasilitas google dalam menjalankan jaringan bisnis iklan teksnya.


Memanfaatkan Jejaring sosial
Semua orang bisa saling berkomunikasi dua arah dan mengekspresikan dirinya di area publik maya ini. Namun, bagi sebagian kalangan yang bekerja sebagai marketing atau pebisnis, pasti memanfaatkan sarana ini untuk mempromosikan produknya. Di Indonesia, twitter dan Facebook menjadi jejaring sosial yang cukup banyak digunakan. Para pemasar pun ramai-ramain memanfaatkan kedua fasilitas ini untuk kegiatan komunikasinya, baik membangun brand maupun citra perusahaan.

Dan yang paling sering dimanfaatkan dengan adanya situs jejaring sosial ini adalah membentuk komunitas. Kehadiran komunitas-komunitas tersebut akan semakin mempermudahkan membentuk jaringan pemasaran yag efektif dan efisien. Aktivitas promosi bukan hanya pemilik usaha saja, melainkan konsumen yang telah loyal atau telah bergabung di komunitas tersebut dapat  ikut mempromosikan produk yang ia sukai. Atau dapat dikatakan juga jika keberadaan komunitas sebagai ruang saling memberi testimoni.

1.5 Target
Target pemasaran Bayu Watch Collection adalah konsumen Indonesia. Dengan memanfaatkan kelebihan yang terletak di web e-commer diaman pengunjung bisa melihat produk yang ada untuk dijadikan pedoman untuk membeli agar lebih menghemat waktu dan lebih nyaman.






















PROPOSAL
Profil Usaha
Nama Perusahaan : Bayu Watch Collection
Alamat Perusahaan : Jl. Cempaka 4 Pondok Gede, Bekasi
Nama Pemilik : Bayu


Informasi Tentang Bisnis
Bisnis ini bergerak dibidang penjualan produk jam tangan, dari berbagai merk, diantaranya lexander christie, baby g-shock, diesel, edifice, g-shock, gucci, nixon, qnq, ripcurl dan rolex.
WBS (Work Breakdown Structure)
WBS adalah merupakan kependekan dari Work Breakdown Structure. Work Breakdown Structure merupakan proses awal dari project management yang membagi dalam fase-fase project.
Sumber Daya
Sumber daya menggunakan beberapa alat diantaranya :
1. Handphone, sebagai sarana media komunikasi antara konsumen dengan penjual.
2.Laptop atau komputer, sebagai sarana media elektronik untuk mengakses situs
3. Koneksi internet, sebagai sarana media pendukung untuk mengakses situs .
4. M-banking tau E-banking, sebagai sarana media transaksi pembayaran.
Biaya
* modal barang : Rp 30.000.000,-
* Pulsa : Rp 100.000,-
* Transportasi untuk pengiriman dan pemesanan barang : Rp 5.000.000,-
* Total anggaran awal pembuatan website: Rp 2.000.000,-
Kegiatan/Task
Dalam kegiatan /task ini berisi sosialisai terhadap "PROPOSAL Bayu Watch Colection" yang meliputi langkah – langkah sebagai berikut:
  • Pembuatan Disain
    - Membuat Disain di Photoshop
    - Membuat Cropping dengan Dreamweaver
  • Pengerjaan Programming
    - Mendisain table
    - Membuat CMS (Content Management System)
    - Melakukan programming di tampilan website
    - Membuat dokumentasi CMS
  • Pengisian website
    - Mengisi website
    - Melakukan training pemakaian CMS Penutup


Demikian proposal yang telah buat, semoga proposal ini dapat terealisasikan dengan baik. Terima Kasih.


SUMBER & Referensi














Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-Commerce

E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan suatu barang dan jasa melalui INTERNET. Dalam pengertian umum, hanya menciptakan situs WEB yang mengiklankan dan mempromosikan produk anda yg dapat dianggap “e-commerce.” Bisnis e-commerce sekarang menawarkan  toko online  yang rumit di mana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan, pilih metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit mereka. Apa yang anda butuhkan untuk memulai  toko online  anda sendiri tergantung pada sejumlah faktor, seperti bagaimana anda ingin menangani transaksi dan jenis keamanan apa yang ingin anda berikan. Sebagai contoh jika anda tidak perlu menerima kartu kredit atau proses transaksi secara online yang anda butuhkan hanyalah sebuah situs  Web  yang mendaftarkan produk anda. Menyediakan semacam formulir pemesanan dan daftar alamat di mana pelanggan anda harus mengirimkan pembayaran mereka. PERKEMBANGAN  E-commerce Di Indo

Alasan Menggunakan Aplikasi Yummy App

Dari sekian banyak aplikasi yang memberikan tutorial tentang resep makanan mulai dari bahan-bahan apa saja yang digunakan hingga cara mengolah dan memasaknya step by step, Yummy App menarik perhatian saya. Ada beberapa alasan yang ingin saya berikan melalu tulisan ini mengenai aplikasi resep masakan Yummy App ini. Enjoy reading! 1. User Interface yang bersahabat Ini yang pertama kali menarik perhatian saya ketika membuka aplikasi Yummy App. Penempatan panel, tombol dan fitur pencariannya tersusun rapi sehingga memudahkan para pengguna untuk mencari resep masakan dan resep makanan yang diinginkan. Pemilihan warna untuk aplikasi pun tidak terlalu ramai bahkan pas dan cocok karena tidak berlelbihan. Pemilihan font tulisan juga pun tidak yang terlalu norak bahkan mudah dibaca sehingga tidak menyulitkan para pengguna ketika ingin mengikuti tutorial resep masakan . 2. Pencarian resep makanan berdasarkan bahan yang tersedia Yang ini langka banget sih, sejauh ini saya belum pernah