Tugas
SOFTKILL Ke-3 Mata Kuliah
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Proposal
E-Commerce Bayu Watch Collection
NAMA KELOMPOK :
NAMA KELOMPOK :
Bobby Chandra
Ardian (51410427)
Caesar Trihardi
S (51410495)
Fauzi Akhmad Diawan (52410661)
Ibnu Antiko (53410357)
Reza Eko Prasetyo (55410796)
Fauzi Akhmad Diawan (52410661)
Ibnu Antiko (53410357)
Reza Eko Prasetyo (55410796)
Rianto Aji
Waskito (55410879)
Wahyu
Mohan (58410428)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
2013
1.1 Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi yang semakin pesat saat ini dapat mengubah gaya hidup
masyarakat, termasuk dalam hal perdagangan atau bisnis. Teknologi
informasi saat ini sudah menjadi bagian utama dalam kegiatan bisnis
dunia. Dengan berbasis teknologi informasi nilai bisnis diyakini akan
semakin meningkat, oleh karena itu mutlak diperlukan pengembangan
bisnis yang berbasis teknologi informasi. Bisnis secara atau berbasis
teknologi informasi dapat melengkapi atau bahkan dapat menggantikan
metode bisnis secara manual atau offline. Terlebih dalam penjualan
produk, metode offline hanya akan efektif jika masih dalam lingkup
satu area geografis dalam arti kata pembeli dan penjual bertemu
langsung dan mengadakan transaksi di tempat. Sedangkan dalam rangka
meningkatkan nilai bisnis, meraih lebih banyak customer, para
pelaku bisnis tentu akan menambah area pemasaran produknya. Dan itu
tentu sulit dilakukan jika hanya mengedepankan metode offline saja.
Dengan berbasis teknologi informasi informasi kendala – kendala
tersebut dapat diatasi. Secara khusus yaitu dengan perdagangan
berbasis teknologi informasi / online atau yang lebih populer disebut
e-commerce. Melalui e-commerce kendala – kendala
perdagangan secara offline dapat teratasi, tidak hanya kendala dalam
aspek area geografis, dimana pembeli dari tempat / kota yang jauh
dapat terlayani dengan baik karena customer tidak harus jauh jauh
datang ke tempat penjual, transaksi cukup dilakukan di depan komputer
yang terhubung ke jaringan internet, memilih barang yang akan dibeli,
membayar secara online dan barang dikirim ke customer, dalam hal ini
tidak hanya customer yang berada luar area saja yang terbantu
tapi juga customer yang masih berada di satu area. Melalui website
e-commerce penjual dapat menampilkan produk – produk
terbarunya, menampilkan informasi menarik berupa promo, diskon atau
info dari produsen produk. Dengan ini customer dapat menghemat
waktunya untuk mengetahui apa saja hal terbaru yang ingin diketahui,
cukup dengan mengunjungi website yang dapat dilakukan dimana saja
customer dapat mengetahui hal yang diinginkannya, tidak harus
mendatangi toko penjual. Melalui fitur – fitur yang ada pada
website e-commerce interaksi hubungan antara penjual dan
customer dapat terus terjaga dan terjalin secara continue. Dengan
memperhatikan fitur website, tampilan website yang menarik dan
interaktif dengan customer serta terjaminnya keamanan dan
kemudahan dalam pembayaran secara online dan proses ketepatan
pengiriman barang yang dapat menjadi masalah dalam hal e-commerce,
tujuan perusahaan melalui e-commerce akan tercapai dengan
baik. Hal itu dapat meningkatkan mutu layanan untuk customer yang
secara tidak langsung juga merupakan upaya dalam meningkatkan mutu
nilai dari bisnis.
Bayu Watch
Collection yang merujuk pada e-commerce, merupakan website dimana
pelanggan dapat terpenuhi segala kebutuhannya terkait shopping yang
cepat, tepat dan aman. Website yang kami rancang dapat memenuhi semua
aspek untuk mengatasi kendala – kendala tersebut. Dan mulai dari
proses perancangan website, pelatihan admnistrator hingga hasil akhir
dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. Dan tentunya dapat menjadi
aspek atau faktor penting untuk membantu tujuan dari perusahaan serta
meningkatkan nilai kualitas dan image dari perusahaan.
1.2 Batasan
Masalah
Untuk
melakukan pembelian, menggunakan tombol add
to cart setelah itu barang akan ada
dalam keranjang, kemudian melakukan pengisian form untuk melakukan
pemesanan, sedangkan untuk
transaksi pembelian menggunakan konfirmasi melalui sms.
1.3 Tujuan
Mempromosikan suatu produk dan
juga bisa memesan produk secara online
untuk mengembangkan usaha penjualan jam tangan pada Bayu Watch
Collection dengan merancang suatu web e–commerce,
kemudian dari rancangan tersebut, dibuat suatu aplikasi berbasis web
menggunakan bahasa pemrograman web yaitu, HTML, PHP dan MYSQL sebagai
pemrograman databasenya, untuk penjualan jam tangan.
1.4 Metode yang
Digunakan
Memiliki web toko
online
Modal primer yang
mesti (tidak harus) para pelaku pemasar online untuk mendisplay
produk-produk yang ingin dijualnya secara online adalah dengan
memiliki website toko online. Web ini sangat berguna untuk
menampilkan produk-produknya berupa visualisasi dan keterangan produk
yang persuasif. Apalagi web kita memiliki fasilitas transaksi produk
dari pembelian hingga pembayaran tanpa harus melakukan komunikasi
(baik sms atau telepon) diluar web tersebut. Dengan adanya web toko
online dapat memudahkan konsumen untuk mengenal produk kita dan
membelinya.
Iklan Banner
Kalau di atas tadi
penjelasan tentang fasilitas display produk dan jual beli, maka iklan
banner merupakan sarana promosi layaknya iklan-iklan kovensional yang
diletakkan di tempat-tempat yang banyak pengunjungnya. Iklan banner
biasa kita lihat pada situs-situs portal berita. Biasanya di desain
dengan cukup menarik. Tambahan animasi pun juga dilakukan untuk
memperindah tampilan.
Tujuan iklan banner
adalah untuk mengetahui informasi keberadaan produk kita. Fasilitas
ini hanya berupa informasi dan biasanya kita harus meng-klik banner
tersebut agar masuk ke halaman web yang sedang dipromokan oleh banner
tersebut.
Iklan klik (teks)
Iklan klik yang
sangat familiar saat ini adalah google adsens. Ketika mendengar
google adsens kita akan mengingat sebuah iklan teks yang dapat
dipasang di web atau blog kita. Jika ada orang yang mengklik iklan
tersebut di web atau blog kita maka kita akan mendapat uang dari
google. Itulah fasilitas google dalam menjalankan jaringan bisnis
iklan teksnya.
Memanfaatkan
Jejaring sosial
Semua orang bisa
saling berkomunikasi dua arah dan mengekspresikan dirinya di area
publik maya ini. Namun, bagi sebagian kalangan yang bekerja sebagai
marketing atau pebisnis, pasti memanfaatkan sarana ini untuk
mempromosikan produknya. Di Indonesia, twitter dan Facebook menjadi
jejaring sosial yang cukup banyak digunakan. Para pemasar pun
ramai-ramain memanfaatkan kedua fasilitas ini untuk kegiatan
komunikasinya, baik membangun brand maupun citra perusahaan.
Dan yang paling
sering dimanfaatkan dengan adanya situs jejaring sosial ini adalah
membentuk komunitas. Kehadiran komunitas-komunitas tersebut akan
semakin mempermudahkan membentuk jaringan pemasaran yag efektif dan
efisien. Aktivitas promosi bukan hanya pemilik usaha saja, melainkan
konsumen yang telah loyal atau telah bergabung di komunitas tersebut
dapat ikut mempromosikan produk yang ia sukai. Atau dapat
dikatakan juga jika keberadaan komunitas sebagai ruang saling memberi
testimoni.
1.5 Target
Target pemasaran
Bayu Watch Collection adalah konsumen Indonesia. Dengan memanfaatkan
kelebihan yang terletak di web e-commer diaman pengunjung bisa
melihat produk yang ada untuk dijadikan pedoman untuk membeli agar
lebih menghemat waktu dan lebih nyaman.
PROPOSAL
Profil Usaha
Nama Perusahaan
: Bayu Watch Collection
Alamat Perusahaan
: Jl. Cempaka 4 Pondok Gede, Bekasi
Nama Pemilik :
Bayu
Informasi
Tentang Bisnis
Bisnis
ini bergerak dibidang penjualan produk jam tangan, dari berbagai
merk, diantaranya lexander
christie, baby g-shock, diesel, edifice, g-shock, gucci, nixon,
qnq, ripcurl dan rolex.
WBS (Work
Breakdown Structure)
WBS adalah merupakan
kependekan dari Work Breakdown Structure. Work Breakdown Structure
merupakan proses awal dari project management yang membagi dalam
fase-fase project.
Sumber Daya
Sumber daya
menggunakan beberapa alat diantaranya :
1. Handphone,
sebagai sarana media komunikasi antara konsumen dengan penjual.
2.Laptop atau
komputer, sebagai sarana media elektronik untuk mengakses situs
3. Koneksi internet,
sebagai sarana media pendukung untuk mengakses situs .
4. M-banking tau
E-banking, sebagai sarana media transaksi pembayaran.
Biaya
* modal barang : Rp
30.000.000,-
* Pulsa : Rp
100.000,-
* Transportasi untuk
pengiriman dan pemesanan barang : Rp 5.000.000,-
* Total anggaran
awal pembuatan website: Rp 2.000.000,-
Kegiatan/Task
Dalam kegiatan /task
ini berisi sosialisai terhadap "PROPOSAL Bayu Watch Colection"
yang meliputi langkah – langkah sebagai berikut:
- Pembuatan Disain
- Membuat Disain di Photoshop
- Membuat Cropping dengan Dreamweaver - Pengerjaan Programming
- Mendisain table
- Membuat CMS (Content Management System)
- Melakukan programming di tampilan website
- Membuat dokumentasi CMS - Pengisian website
- Mengisi website
- Melakukan training pemakaian CMS Penutup
Demikian proposal
yang telah buat, semoga proposal ini dapat terealisasikan dengan
baik. Terima Kasih.
SUMBER &
Referensi
Hotel di Puncak Bogor
BalasHapusHotel Keluarga di Puncak Bogor
Hotel
Hotel Bogor